2. Inovasi usaha menjadi hal yang sangat penting karena pesaing, teknologi yang semakin berubah bahkan konsumen yg semakin rational
3. Inovasi: pngembangan yang dilakukan bertujuan memberikan nilai tambah menjadikan suatu hal lebih baik dibanding yg lain
4. Inovasi Usaha juga merupakan terobosan yang dilakukan agar sebuah usaha memiliki kelebihan dibanding pesaing
5. Inovasi didapat dari feedback konsumen, riset dan obervasi langsung ke lapangan
6. Terkadang Inovasi juga terinspirasi oleh kekurangan/kelebihan pesaing, dari sini inovasi pun bisa muncul
7. Usaha yang tidak melakukan Inovasi suatu saat akan ditinggalkan pelanggannya, dan akan terlindas pesaing
8. Inovasi Usaha tidak hanya dilakukan untuk produk, Inovasi bisa dilakukan untuk beberapa hal yang bermanfaat untuk pengembangan usaha
9. Inovasi bisa dilakukan via strategi 7P:
- Product,
- Price,
- Place,
- Promotion,
- People,
- Physical Evidence,
- Process
10. Inovasi Produk misalnya kemasan menjadi menarik, ada varian baru/tambahan rasa tertentu, update teknologi dll
11. Inovasi Produk bisa juga konten atau kemasan yg bersahabat dengan alam, pembungkus yang ada logo merknya dll
12. Inovasi dlm harga: paket diskon, bundling/harga khusus untuk event tertentu, harga khusus membercard
13. Inovasi tempat (place) : lay out klasik/modern, pencahayaan modern, gaya penjualan
14. Inovasi Promosi: Strategi low cost high impact dengan penggunaan social media, strategi IMC dll
15. People, inovasi dengan melakukan training karyawan dengan melibatkan training yang expert/penggunaan kostum khusus
16. Inovasi dalam karyawan bisa juga dengan berikan cara yg unik ketika menyambut konsumen misal caranya Pecel Lele Lela
17. Physical Evidence/hal2 fisik, inovasi untuk kuliner misalnya meja/kursi dari bambu, gaya dekorasi dll
18. Process: penerapan proses dalam usaha bisa diterapkan dengan pembuatan SOP business (Standar Operation Procedure)
19. Inovasi di layanan, misalnya menyediakan layanan jasa antar/ delivery order atau drive thru
20. Inovasi lainnya: tentang keuangan, misal dengan software pencatatan keuangan, sehingga cost/revenue tercatat baik
21. Terapkan Inovasi yang relevan degan kebutuhan konsumen dan ketersediaan anggaran. Kreatiflah untuk berinovasi
22. Lakukan Evaluasi dalam setiap Inovasi, apakah mberikan hasil dan memberikan manfaat ke konsumen & penjualan
23. Pada akhirnya Inovasi Usaha dilakukan untuk kesuksesan & pengembangan usaha kedepan. Terapkan dengan konsisten dan tepat
24. Dan hal penting lainnya Inovasi Usaha jika diterapkan dg proporsi yang tepat akan membuat konsumen jadi loyal dengan produk kita
25. When you stop innovating, you stop leading #InovasiUsaha