Tips Mempromosikan Usaha

22.09.00
1. Hal awal dalam strategi promosi, buatlah tujuan: misal untuk awareness, sales, create image

2. Tentukan timing: misalnya berapa lama. Atau timing untuk event tertentu misal saat hari raya, event nasional dll

3. Susun alokasi anggaran utk promosi. Mau sukses jualan? Anggaran promosi hrs dialokasikan dg baik

4. Tentukan target market yang akan kita tuju dari strategi promosi kita, karena beda target beda cara promosinya

5. Tentukan media promosi apa yang akan dipakai, apakah itu media offline atau online (dengan internet)

6. Contoh Media Offline adalah Iklan di media konvensional: TV, Radio, Magz, Print Ad indoor outdoor

7. Kelebihan iklan di media konvensional adalah jangkauan lebih luas namun perlu biaya tidak sedikit

8. Saat ini media online merupakan media alternative yang cukup efektif untuk produk UKM

9. Strategi promosi online yg bisa digunakan: Twitter, FB, Blog, penggunaan portal belanja free

10. Social Media merupakan salah satu alternative media yang bisa digunakan untuk UKM: Tapi ada caranya

11. Pemilihan media sangat tergantung dari tujuan promosi, biaya yang kita miliki, jenis produk, target market!

12. Buat perencanaan social media: content, timing, tim yang handle, monitoring, evaluasi kinerja

13. Strategi offline dan online perlu juga menyasar komunitas, sehingga makin berdampak

14. Jika kita memiliki anggaran, kolaborasi media offline dan online perlu dilakukan agar makin powerful

15. Promosi itu bukan hanya sesaat. Promosi itu dilakukan secara berkala terencana dan gunakan media yang sesuai

Semoga tips ini bermanfaat  
@EntrepreneursID

Artikel Terkait

Previous
Next Post »