Baku Spilen

21.56.00


Baku spai. Begitu bahasa untuk kata ciuman di kampung saya. Kampung saya jaraknya 200-an kilo meter dari ibu kota Provini Sulut, Kota Manado. Dengannya, baku spai adalah versi slang bahasa Manado. Baku spai atau yang kemudian juga sering diucap baku spilen, adalah strata ciuman kelas tinggi di bawah ciuman jenis cupang

Saat ini, penggunaan kata baku spai atau jenis ciuman antara bibir bertemu bibir dibarengi silat lidah ini, sudah jarang terdengar. Eh, maksudnya bukan sudah jarang orang-orang baku ciong (ciuman dalam bahasa Manado), tapi penyebutannya sudah jarang didengar lagi.

Soal baku spilen, kemarin ada satu kondisi yang bikin saya jengkel. Jengkel ini bukan karena saya dalam kondisi tak punya kesempatan dan bibir untuk dicium, bukan itu, bukan.

Jadi begini, saya biasanya jelang tidur sering buka situs youtube.com di android buat nonton video-video apa saja. Nonton youtube cukup membantu penyakit insomnia saya. Ehk, ngomong-ngomong soal youtube, kalau ada yang nggak tahu situs kepunyaan Mbah Google itu, mending bunuh diri saja, atau sana, baku spilen dengan kuda.

Nah, biasanya saya akses youtube diawali nge-klik kanal trending-nya. Kanal itu tempat video-video terbaru yang banyak dikunjungi para netizen. Waktu kanal itu saya buka, eh, ada list video tentang ciuman Dian Sastro (judul videonya cuma sepotong terlihat di android saya). Saya yang masuk jajaran om-om pengagum film AADC (Ada Apa Dengan Cinta), tanpa banyak pikir langsung merespon videonya. Saya cuma penasaran, apa yang bikin adegan ciuman film belasan tahun silam ini masuk trending youtube malam itu.

Tapi apa yang terjadi, sedih saya liatnya. Tak sempat berakhir, videonya langsung saja saya close cepat-cepat. Itu saya lakukan karena ternyata videonya menampilkan adegan ciuman klomoh (basah) versi terbaru antara Rangga yang melumat-lumat bibir Cinta. Ya, adegan baku spai keduanya itu merupakan salah satu scane film AADC 2, dan saya belum nonton!

Tak ingin kesucian film AADC 2 berkurang di benak, segera jari saya nge-klik video lain. Waktu itu video pegulat WTC, eh, WWF atau UPC kalau tidak salah. Petinju itu kakinya patah saat bertarung, tapi orangnya nggak sadar dan terus saja bertarung. Tapi, seremnya pegulat dengan tulang kaki meliuk-liuk itu, tak cukup membuyarkan gambaran meliuknya bibir Cinta di video sebelumnya.

Teganya si pemilik akun youtube yang nge-upload potongan film AADC 2, yang baru beberapa hari kemarin tayang serentak di bioskop-bioskop itu. Saya yang membutuhkan jarak 200-an kilo meter menuju bioskop di Manado, sangat dirugikan.

Sialnya nasib tinggal di kampung yang nggak punya twenti wan. :'(

Artikel Terkait

Previous
Next Post »